Produk Tefa

Berikut ini adalah produk TEFA dari Teknik Otomasi.

 

1. ROV (Remote Operated Underwater Vehicle)

Banyaknya kecelakaan transportasi laut, seperti kapal tabrakan bisa mengakibatkan beberapa bagian kapal mengalami deformasi ataupun kondisi lambung kapal pecah yang menyebabkan kebocoran yang menyebabkan kapal tengelam. Hal ini, bisa ditedeksi awal dengan melakukan penyelaman ke sisi lambung kapal yang mengalami benturan akibat tabrakan kapal tersebut. Oleh sebab itu, diperlakukan penanganan yang lebih cepat dan akurat sebelum kapal tengelam. Metode konvensional tersebut, dengan mengerahkan penyelam sehingga diperlukan tenaga ahli penyelam yang hebat dan handal dalam melakukan investigasi bagian lambung yang rusak, kondisi adanya deras arus laut dan cuaca buruk dapat menghambat proses menyelam dalam melakukan investigasi. Metode teknologi muthakhir yang berkembang didunia saat ini, telah menggunkan metode penyelaman tanpa awak dengan mengunakan RUV (Remote Unman Vehicle) atau dengan AUV (Automation Unman Vehicle) tetapi untuk penerapan investigasi dengan AUV dikapal memerlukan biaya operasi dan perawatan yang lebih mahal. Sehingga untuk solusi tersebut dikembangkan teknologi Ship-RUV dengan mengedepankan teknologi pengaturan kapasitas ukuran dan fungsi yang lebih sederhana tetapi menggunakan teknologi dan material yang handal. Teknologi yang dikembangkan dalam Ship-RUV meliputi: perancangan, analisis, metode image processing dan optimasi olah gerak.


Gambar 1. Produk ROV Teknik Otomasi Tampak Depan



Gambar 2. Produk ROV Teknik Otomasi Tampak Atas

2. SCADA TEKNIK OTOMASI (SCATO)

SCADA TEKNIK OTOMASI (SCATO) adalah prangkat SCADA berupa hardware dan software yang diproduksi dan dikembangkan oleh Teknik Otomasi PPNS. SCATO yang dilengkapi dengan framework yang digunakan sebagai modul pembelajaran di bidang otomasi serta dapat diterapkan pada industri. Input dari alat ini berupa sensor atau aktuator menggunakan protokol komunikasi Modbus RTU dan CAN bus. Data input dapat dikontrol dengan alat ini yang kemudian akan dikirim ke server menggunakan protokol MQTT atau Modbus TCP/IP. SCATO dapat membaca berbagai macam sensor yang mempunyai protocol Modbus dan CAN bus. Sensor dengan protocol Modbus dihubungkan dengan modul Serial RS485 to TTL dan sensor dengan protocol CANBUS pada SN65HVD230.  SCATO dilengkapi juga dengan 2 komunikasi jaringan intenet melalui wifi dan Ethernet ENC.
Data intput akan diproses oleh sebuah microcontroller yang dilengkapi dengan framework SCATO yang telah disusun. Sebelum data diproses oleh microcontroller, microcontroller tersebut telah diprogram sesuai dengan kebutuhan pengolahan data dan kebutuhan protokol komunikasi yang akan digunakan. Proses penyusunan program tersebut dipermudah dengan adanya framework yang dibuat. Data yang telah diproses akan dikirim ke sebuah server menggunakan protokol Modbus TCP/IP dan dikirim ke MQTT broker menggunakan protokol MQTT.  Gambar 3 sampai Gambar 4 adalah tampilan dari produk SCATO yang telah dibuat oleh Teknik Otomasi.



Gambar 3. SCATO Tampak Depan

Gambar 4. SCATO tampak belakang

Gambar 5. Software HMI SCATO 

3. WAKEMEUP

WAKEMEUP adalah Alat keselamatan pengendara dari kondisi lelah dengan dilengkapi multi level safety berbasis pengolahan citra dan kecerdasan buatan. WAKEMEUP dapat mendeteksi kantuk secara presisi dengan memperhatikan pola gerakan kelopak mata pengendara dan ekspresi wajah. WAKEMEUP dapat digunakan disetiap kondisi pencahayaan karena dilengkapi dengan mode malam (night vision). WAKEMEUP dilengkapi juga dengan pengamanan bertingkat yang meliputi lampu alarm, sirene, aktivasi lampu hazard otomatis, dan akan mematikan mesin ketika dalam beberapa detik pengendara tidak terbangun dari tidur. Serta sistem dapat mengirim informasi kondisi pengendara kepada orang lain dengan sms atau web. WAKAEMEUP kami memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para pemakainya, karena tidak memakai alat yang melekat langsung pada anggota tubuhMelainkan sebuah kamera yang diletakkan menghadap wajah pengemudi saja. Dari penjelasan tersebut sudah dapat dipastikan WAKEMEUP dapat membantu pemerintah dan masyarakat untuk menciptakan keamanan dan keselamatan dalam bertransportasi, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Berikut ini adalah bentuk dari WAKEMEUP yang telah dibuat.
Gambar 6. WAKEMEUP tampak depan
Gambar 7. Box WAKEMEUP